DERMAGA DAN JALAN LINGKAR TONGGING AKAN DI BANGUN


Bupati Karo Dukung Branding Pemasaran Danau Toba
Kabanjahe,Sumatera Utara
Danau Toba merupakan salah satu keajaiban alam yang menakjubkan di Pulau Sumatera. Sulit untuk membayangkan pemandangan lain yang lebih indah untuk dikunjungi di Sumatra Utara selain tempat ini. Namun demikian, branding pemasaran Danau Toba, salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas yang masuk kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) dianggap semakin mendesak untuk mempermudah pemasaran objek wisata Danau Toba.
Hal itu diungkapkan Deputy CEO PT Markplus, Jacky Mussry didampingi staf Account Manajer CEO PT Markplus Afie, Senin (8/1), di gedung G Kementerian PU PR, Jakarta, saat menerima penyerahan branding Danau Toba yang telah disetujui dan ditandatangani Bupati Karo Terkelin Brahmana SH.
Dalam melakukan branding, sambung Jacky Mussry, peran humas perusahaan, lebih dominan dalam usaha untuk membangun dan mempertahankan reputasi, citra brand melalui komunikasi hubungan masyarakat yang baik dan bermanfaat antara perusahaan dan konsumen, inilah salah satu tujuan CEO PT Markplus membuat progress branding Danau Toba.


Dia yakin sekali ke depan Kabupaten Karo akan lebih maju. Unsur terpenting branding adalah kejelasan, konsisten dan konstan dalam melakukan tujuan yang sangat luas, seperti mampu menyampaikan pesan dengan jelas, visi dan misi perusahaan mampu membangun kredibilitas perusahaan di publik serta mampu menghubungkan target perusahaan dengan konsumen secara emosional, mampu menggerakkan atau memotivasi konsumen untuk menciptakan kesetiaan pelanggan.
Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana mengatakan, akan mendukung dan berkomitmen untuk menggunakan branding destinasi Danau Toba dalam berbagai komunikasi pemasaran sebagai upaya untuk memajukan parawisata di kawasan Danau Toba, dan menjaga aset parawisata.
Menurut Terkelin, sebagus apa pun destinasi pariwisata dikelola daerah, tanpa dibarengi dengan komunikasi pemasaran (branding), rasanya sulit menjadi objek wisata favorit. Selain itu, pemanfaatan media baik konvensional maupun new media sesuai perkembangan teknologi internet menjadi penentu berkembang dan majunya sebuah kawasan objek wisata. Selanjutnya, sarana dan prasarana pendukung seperti akses jalan maupun fasilitas tersedia juga harus memadai.
Demikian pula rasa aman dan nyaman akan semakin membuat wisatawan betah berlama-lama menikmati keindahan objek wisata yang ditawarkan. "Promosi tempat wisata yang dirancang dengan baik tentunya akan memberikan tambahan penerimaan asli daerah, dan mendorong proses multiplier perkembangan ekonomi lokalitas di sekitar daerah tujuan wisata," terang Terkelin.
Salah satu rasional logo gram Kabupaten Karo yang terdapat dalam "branding" berupa elemen "Flare" Gorga yang lebih lebar khas kawasan Karo digunakan untuk menunjukkan budaya khas Danau Toba kawasan barat. Ini membuktikan Kabupaten Karo tidak bisa terlepas dari peranan dalam memajukan parawisata seputaran kawasan Danau Toba, karena objek wisata di Tanah Karo yang dapat diandalkan dari lingkup danau toba adalah objek wisataTongging, tutur Terkelin Brahmana.
Dermaga Tongging
Masih dalam kesempatan itu, Bupati Karo berharap pemerintah pusat atau Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT) agar mempercepat pembangunan dermaga Tongging. Pembangunannya bisa disegerakan guna memacu tingkat kunjungan wisatawan ke Tongging sehingga nanti wisatawan bisa keliling Danau Toba dari Tongging ke Tomok atau Parapat yang hanya 2 jam perjalanan. “Tentunya, ini akan menjadi daya tarik baru bagi wisatawan menikmati keindahan Danau Toba dari dekat,” ujarnya.
Selain itu, program pembangunan jalan lingkar Danau Toba dengan memperluas badan jalan dari Desa Situnggaling (air terjun Sipiso-piso)–Desa Tongging dan peningkatan jalan jurusan Tongging Kabupaten Karo–Silalahi Kabupaten Dairi. "Pembangunan  kios di wilayah Desa Situnggaling (waterfall Sipisopiso) dan di kawasan pantai Danau Toba di Desa Tongging dengan desain ornamen budaya Karo,"ujar Terkelin yang mengaku sebelumnya sudah mengusulkan kepada Menko Luhut terkait sejumlah program Pemkab Karo mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Danau Toba. (RTA)

Sumber Harian Andalas

Komentar

POPULER POST

SILSILAH GIRSANG

SILSILAH TOGA SIMAMORA BERBAGAI VERSI

PINAR SIMALUNGUN

Patuturan Dalam Ke Kerabatan Suku Simalungun

TAROMBO MARGA GIRSANG

GIRSANG Vs LUMBAN TORUAN HARIARA

SEJARAH LAHIRNYA MARGA TARIGAN

Umpasa Namarpariban

PESTA TUGU GIRSANG 2017

Radja Radja Simalungun