SOSIALISASI GEOPARK KALDERA TOBA DI DESA TONGGING

Dirangkai dengan pengobatan massal dan lomba melukis bagi pelajar SD, eksistensi dan tujuan Geopark Kaldera Toba disosialisasikan di Desa Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo. Sosialisasi juga dimeriahkan dengan penampilan tarian budaya Karo di alun-alun Hotel Tongging Beach, Tongging, Jumat (15/5).

Dr RE Nainggolan selaku penggiat Geopark Kaldera Toba dalam sambutannya mengatakan, mewujudkan Geopark Kaldera Toba menjadi Taman Bumi Dunia sangat penting untuk kesejahteraan masyarakat di kawasan Danau Toba. "Geopark yang artinya adalah taman dunia bertujuan untuk menjadikan kawasan ini semakin indah, menarik sehingga membuat banyak orang tertarik untuk datang berkunjung menikmati keindahannya. Saat ini, Indonesia tengah mendaftarkan Danau Toba dalam Jaringan Taman Bumi Global Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) agar Danau Toba ditetapkan sebagai Taman Bumi Dunia”, jelasnya.

“Bupati Karo Terkelin Brahmana yang saya tahu cukup komunikatif, diyakini dapat menyosialisasikan arti dan tujuan Geopark kepada masyarakat Tanah Karo. 

Objek warisan geologi dan pengetahuan geologi harus ditanamkan secara bertahap kepada masyarakat umum, sehingga masyarakat memahami apa saja yang menjadi tolak ukur warisan dunia.   Jika terwujud Danau Toba menjadi Geopark dunia, maka perhatian dunia diberikan kepada warisan bumi yang memiliki makna sebagai kunci sejarah pembentukan bumi dan kehidupan di dalamnya. Jika Geopark Kaldera Toba masuk ke dalam UNESCO maka konservasi akan dijaga. Penggundulan hutan dan pencemaran Danau Toba harus dihentikan”, paparnya.

Hal ini akan dievaluasi 4 tahun sekali dan jika perusakan lingkungan Danau Toba tetap terjadi maka status taman bumi juga dicabut, jelas RE yang juga sebagai pembina YSKI didampingi koordinator Kemanusiaan drg Annita (YSKI) melakukan  pengobatan gratis dengan Universitas Royal Prima Medan berupa  pembagian vitamin anak dan pembagian kacamata baca gratis dan lain-lain kepada ratusan masyarakat yang memadati Desa Tongging.

Bupati Karo mengatakan, pemerintah merasa berkewajiban menyosialisasikan tentang Geopark Kaldera Toba kepada masyarakat. Sosialisasi ini diharapkan menumbuhkan kesadaran masyarakat setempat untuk melestarikan kawasan Danau Toba serta ikut menjaga puluhan situs geologi yang tersebar di seluruh penjuru kawasan Danau Toba. Selain tujuan kita bersama menjaga dan menganalisa berbagai ilmu yang terkandung tentang Danau Toba, juga memberi hal positif tentang pembangunan ekonomi masyarakat dari sisi pariwisatanya, ujarnya.

Dalam acara tersebut diberikan   pakaian tradisional Karo kepada RE Nainggolan dan drg Annita disaksikan pimpinan sejumlah SKPD, Muspika, tokoh masyarakat  dan ratusan warga . (BR2/c)

sumber harian SIB

Komentar

POPULER POST

SILSILAH GIRSANG

SILSILAH TOGA SIMAMORA BERBAGAI VERSI

PINAR SIMALUNGUN

Patuturan Dalam Ke Kerabatan Suku Simalungun

TAROMBO MARGA GIRSANG

GIRSANG Vs LUMBAN TORUAN HARIARA

SEJARAH LAHIRNYA MARGA TARIGAN

Umpasa Namarpariban

PESTA TUGU GIRSANG 2017

Radja Radja Simalungun