Destinasi Wisata Tongging akan Miliki Toilet Berstandar Internasional

KARO –  Demi pelayanan untuk memenuhi kebutuhan bagi touris domestik maupun mancanegara di lokasi wisata Tongging Pemkab.Karo akan mwmbangun toilet berstandar internasional.
Terkait dengan rencana itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi staf Balitbang Kementrian PUPR pusat M. P Diana Dewi, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi, Kabid Pengembangan Pemasaran Parawisata Bartholomeus Barus SSTP, Camat Merek Tomi Heriko Sidabutar meninjau lahan lokasi pembangunan di simpang puncak sipiso piso Desa Pengamatan Kecamatan Merek Sabtu (30/4).
Menurut Terkelin Brahmana peninjauan dilakukan untuk memastikan ada tidaknya lahan yang dapat diusulkan ke Balitbang Kementrian PUPR Pusat untuk selanjutnya dilakukan perencanaan konstruksi oleh PUPR.
Dikatakan, sebagai dasar pemikiran untuk membangunan toilet dengan desain berstandar internasional mengingat objek parawisata Tongging disamping untuk memenuhi sarana di lokasi yang juga sering sebagai lintasan parawisata.


Terkait rencana itu, lebih lanjut Bupati Karo memerintahkan Bappeda dan Dinas Parawisata agar segera mempersiapkan persyaratan adminitrasi yang dibutuhkan oleh Balitbang Kementrian PUPR Pusat .
Sementara Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi Msi mengatakan Dalam rangka menarik wisatawan wisatawan berkunjung ke Kab Karo kita menggandeng Balitbang Kementrian PUPR untuk meminta pembangunan pada prasarana dan prasarana penunjang objek wisata. Salah satunya adalah soal toilet yang baik. Ujarnya
Sianturi mengatakan dalam waktu dekat lahan yang ditinjau tadi, sesuai instruksi Bupati, akan dilengkapi baik surat keterangan tanah dari Kepala desa setempat, sebab tanah ini adalah tanah desa, nanti kita lampirkan legalitasnya semua , begitu juga alasan pembangunan Toilet ini, yang jelas karena daerah objek lintasan destinasi parawisata.
Sementara Kabid Pengembangan pemasaran parawisata Bartholomeus Barus menjelaskan, pihaknya akan mempersiapkan surat ke PUPR untuk meminta ketentuan ketentuan untuk pembangunan .” Minggu depan kita akan ajukan surat melalui Bupati Karo ke Balitbang Kementrian PUPR
Sedangkan menurut M. P Diana Dewi mengakui lokasi yang ditinjau tadi sangat cocok dan menunjang parawisata.karena alasan utama daerah lintasan, sudah sangat tepat.
Untuk menindak lanjuti rencaba itu, menurut Diana Dewi pihaknya akan menunggu surat permohonan bupati karo ke pusat, bersama kelengkapan adminitrasinya sebab tanah tersebut tanah desa.
” Namun demikian saya tetap akan membuat bahan masukan ke tim di Balitbang terkait bangunan toilet.Mengenai dana yang dibutuhkan, sementara saat ini saya belum bisa ungkapkan besaran dana bangunan toilet ini”,ujarnya
Sumber : Realitasonline.com

Komentar

POPULER POST

SILSILAH GIRSANG

SILSILAH TOGA SIMAMORA BERBAGAI VERSI

PINAR SIMALUNGUN

Patuturan Dalam Ke Kerabatan Suku Simalungun

TAROMBO MARGA GIRSANG

GIRSANG Vs LUMBAN TORUAN HARIARA

SEJARAH LAHIRNYA MARGA TARIGAN

Umpasa Namarpariban

PESTA TUGU GIRSANG 2017

Radja Radja Simalungun