Jenis Atau Nama Kematian Masyarakat Simalungun


Masyarakat  Simalungun  memiliki  jenis-jenis  tingkat  kematian,  yaitu  matei mardaroh,  matei  manorus,  matei  dakdanak,  matei  marlajar  garama/anak  boru, matei  garama/anak  boru,  matei  matua/matei  matalpok,  matei  sari  matua,  matei sayur  matua,  matei  layur  matua.


Berikut  ini  akan  dijelaskan jenis-jenis kematian dalam kebudayaan Simalungun.


 1.  Matei mardaroh 

Matei  mardaroh  “mati  di  dalam  kandungan”  adalah  meninggalnya seseorang  bagi  selagi  masih  di  dalam  kandungan.  Kematian  seperti  ini  biasanya tidak  diberkati  atau  di  adatkan  oleh  tutur  tolu  sahundulan  dan  lima  saodoran  dan dikebumikan  pada  waktu  yang  relatif  singkat,  yaitu  sekitar  1-3  jam  setelah meninggal, dan tidak bisa lewat dari satu hari setelah meninggal. 


2.  Matei manorus 

  Matei  manorus  “mati  bayi”  adalah  anak  yang  meninggal  ketika  baru  lahir. Jenis  kematian  ini  sering  juga  disebut  dengan  istilah  “boras  do  namadurus,  tapi parborasan  hot  do”.  Jenis  kematian  ini  biasanya  tidak  diberkati  dan  di  adatkan oleh  tutur  tolu  sahundulan  dan  lima  saodoran.  Anak  yang  meninggal  usia  bayi seperti  itu  dikebumikan  pada  hari  kematiannya  kecuali  kalau  meninggal  sore  atau malam hari. 


3.  Matei dakdanak 

  Matei  dakdanak“mati  anak-anak”  yang  meninggal  dunia  dimulai  umur  satu tahun  sampai  usia  remaja  12  tahun  yang  belum  berumah  tangga.  Kematian  seperti ini  juga  tidak  diberkati  atau  di  adatkan  oleh  tutur  tolu  sahundulan  dan  lima saodoran. Anak  yang  meninggal  seperti  itu  dikebumikan  pada  hari  kedua  setelah  anak itu meninggal. 


4.  Matei marlajar garama/anak boru

 Matei  marlajar  garama  atau  matei  marlajar  anak  boru  adalah meninggalnya  anak-anak  pada  usia  remaja  sampai  usia  dewasa  sampai  usia dewasa  12  tahun  sampai  17  tahun,  tetapi  belum  belum  berumah  tangga.  Kematian seperti  ini  juga  biasanya  tidak  diberkati  dan  diadatkan  oleh  tutur  tolu  sahundulan dan  lima  saodoran.  Anak  yang  meninggal  dunia  seperti  itu  dikebumikan  pada  hari kedua  setelah  anak seperti itu meninggal..


5.  Matei garama/anak boru 

Matei  garama  atau  matei  anak  boru  adalah  meninggalnya  anak  pada  usia mulai  di  ats  17  tahun  yang  belum  berumah  tangga.  Untuk  kematian  seperti  ini juga  biasanya  tidak  diberkati  dengan  adat,  namun  hanya  dikunjungi  keluarga dekat  saja.  Anak  yang  meninggal  seperti  itu  biasanya  dikebumikan  paling  lama pada  waktu hari kedua  setelah seperti ini meninggal.  


 6.  Matei matua/matei  matalpok  

 Matei  matua  atau  matei  matalpok  adalah  meninggalnya  seseorang  yang sudah  berumah  tangga  namun  belum  mempunyai  anak,  atau  sudah  mempunyai anak,  akan  tetapi  satu  pun  anaknya  belum  berumah  tangga.  Jika  salah  satu  suami atau  istri  meninggal  dunia,  maka  statusnya  akan  disebut  mabalu.  Sebutan  tersebut menggambarkan  suatu  kehidupan  yang  patah  di  tengah  jalan.  Kematian  seperti  ini telah  melibatkan  tutur  tolu  sahundulan  dan  lima  saodoran  dengan  melaksanakan tugas dan kewajibannya  masing-masing, namun kematian ini juga  tidak dijalankan adat.  Pihak  boru  dan  sanina  memberikan  bantuan  berupa  uang  yang  disalamkan kepada  suami  sebagai  duda  atau  istri  sebagai  janda  yang  meninggal  dunia  dan pihak  tondong  membawa  beras dan  hiou. 


7.  Matei sari  matua 

Matei  sari  matua  adalah  meninggalnya  seorang  suami  atau  istri  yang  sudah mempunyai  anak,  namun  dari  semua  anaknya  itu  masih  ada  yang  belum  menikah. Anak  yang  belum  menikah  itu  merupakan  “beban”  yang  ditinggalkan  oleh  orang yang  meninggal  dunia  sebelum  mencapai  kesempurnaan.  Seseorang  yang meninggal  dunia  sari  matua  dianggap  telah  mengalami  kehidupan  yang  mendekati sempurna,  dengan  demikian  perasaan  sedih  tidak  mendominasikan  keluarga maupun pelayat. 


8.  Matei sayur matua

 Matei  sayur  matua  adalah  meninggalnya  seseorang  yang  semua  anaknya baik  laki-laki  maupun  perempuan  sudah  berumah  tangga  dan  sudah  memperoleh cucu  dari  sebagian  atau  semua  anaknya.  Orang  yang  meninggal  sayur  matua dianggap  telah  mengalami  kehidupan  yang  sempurna  sehingga  keluarga  dan pelayat  tidak  mencerminkan  kesedihan,  bahkan  sudah  memperlihatkan kebahagiaan  dan  rasa  syukur.  Ekspresi  kebahagiaan  dan  rasa  syukur  itu  tergambar pada  keturunan  dan  keluarga  besar  orang  yang  telah  meninggal  dunia. Kesempurnaan  itu  dianggap  sebagai  kesempurnaan  bahwa  semua  anak-anaknya sudah  berumah  tangga  dan  telah  memiliki  cucu  dan  anak  laki-laki  dan  anak-anak perempuan.


 9.  Matei layur  matua 

Matei  layur  matua  adalah  meninggalnya  seseorang  yang  memiliki  anak  lakilaki  dan  perempuan,  yang  seluruh  anaknya  sudah  menikah  dan  sudah  memiliki cicit  (nini  dan  nono),  dan  anak  yang  hidup  sejahtera.  Hidup  sejahtera  di  sini dimaksud  adalah  semua  anak-anaknya  sudah  memiliki  pekerjaan  yang  baik. Masyarakat  Simalungun  menyebut  cucu  anak  laki-laki  itu  nono  dan  cucu  anak perempuan  disebut  nini  sehingga  seseorang  yang  sudah  memiliki  nini  dan  nono disebut  marnini  dan  marnono.  Matei  layur  matua  ini  juga  disebut  mati  sempurna dimana  semua cucunya  juga  sudah mempunyai anak dan cucu. 


Sumber Gambar :

--Simaloengoen Batak dodenfeest in de Bataklanden (Upacara Kematian di Batak Simalungun) tahun 1937. KITLV ----

Komentar

POPULER POST

SILSILAH GIRSANG

SILSILAH TOGA SIMAMORA BERBAGAI VERSI

PINAR SIMALUNGUN

Patuturan Dalam Ke Kerabatan Suku Simalungun

TAROMBO MARGA GIRSANG

GIRSANG Vs LUMBAN TORUAN HARIARA

SEJARAH LAHIRNYA MARGA TARIGAN

Umpasa Namarpariban

PESTA TUGU GIRSANG 2017

Radja Radja Simalungun